Taman Doa Regina Rosarii

Pasti ada pertanyaan ketika membaca judul di atas, apa itu Taman Doa Regina Rosarii, apakah taman doa atau hanya bahasa kiasan untuk menandakan sesuatu? Jawabannya adalah memang taman doa nyata, taman doa ini diberi nama Regina Rosarii. Kalau menunjukan sebuah tempat, lalu dimana tempatnya?

Taman doa Regina Rosarii merupakan taman doa yang dibangun di halaman belakang gereja Katolik Paroki Bunda Maria, Kota Cirebon Jawa Barat. Taman doa ini baru dibangun setelah beberapa lama gereja Katolik Bunda Maria ada, jadi tidak serta merta gereja Bunda Maria ada taman doa ini ada. Taman doa ini dihadirkan di tengah-tengah keluarga besar Paroki Bunda Maria Cirebon karena kebutuhan umat itu sendiri. Lahan kosong yang tadinya ada di belakang percis gereja dimanfaatkan untuk taman doa yang berdiri sekarang.

Batu peresmian oleh Bapa Uskup Bandung

Saya ingat sekali ketika saya masih aktif menjadi misdinar di paroki ini, sekitar tahun 2002 - 2004, taman doa ini belum ada. Jadi lahan di belakang gereja hanya taman biasa, biasa kami mempersiapkan segala sesuatu untuk misa hari raya. Kini kondisinya sudah berbeda, taman doa yang ada di belakang altar percis ini memberikan nuansa tersendiri. Dan gereja Bunda Maria Cirebon jadi destinasi rohani untuk warga paroki lain yang kebetulan singgah di Kota Cirebon. Pembangunan gereja yang pesat serta dukungan umat membuat paroki Bunda Maria lebih hidup, yang jelas adalah penampilannya. Dulu gereja hanya ramai hari Minggu saja, kini gereja bisa kapan saja dapat kunjungan dari umat, karena taman doa ini terbuka bagi siapa saja yang mau berdoa.

Taman Doa Regina Rosarii
Sisi kanan taman doa, tempat penyimpanan abu jenazah
Sisi kiri taman doa berbatasan dengan pastoran
Salah satu bagian stasi Jalan Salib, Yesus wafat di kayu salib
Stasi Jalan Salib Yesus diturunkan dari salib dan dipangku Bunda Maria, stasi ini dekat dengan ruang penyimpanan abu jenazah

Taman doa ini dihadirkan atas kerinduan umat. Akhirnya atas dukungan romo paroki saat itu Rm. Leonardus Bambang GS Pr. dan Romo Franky beserta umat paroki dan para donatur, gagasan untuk menghadirkan taman doa di lingkungan paroki Bunda Maria terwujud. Pada tanggal 29 Mei 2009 dilakukan peletakan batu pertama. Sejak peletakan batu pertama itu pembangunan dimulai, hingga akhirnya taman doa ini selesai dikerjakan, dan pada Sabtu, 31 Oktober 2009 diadakanlah perayaan Ekaristi untuk pemberkatan taman doa yang diberi nama Taman Doa Maria, Regina Rosarii. Taman Doa Maria, Regina Rosarii dilengkapi dengan 24 stasi Jalan Salib dan pada stasi ke-14 dihadirkan Columbarum (tempat penyimpanan abu jenazah). Arsitektur taman doa ini dikerjakan oleh seorang muda yang punya bakat di bidang seni musik, seni taman yang bernama Christ. Up's, namanya memang mirip nama saya, tapi bukan saya he3x.

Pada perayaan pemberkatan Taman Doa Maria, Regina Rosarii dipimpin oleh Bapa Uskup Mgr. Johannes Pujasumarta - Uskup Bandung, didampingi Pst. Leonardus Bambang GS Pr. dan Pst. Franky sebagai romo paroki Bunda Maria, Pst. Markus Kushardjono, OSC dari paroki St. Yusuf Cirebon dan Pst. Abi dari paroki Indramayu.

Bagi umat yang berdoa di taman ini mempunyai pengalaman iman tersendiri, dan mereka bersaksi atas pengalaman iman yang mereka alami. Seperti yang dialami salah satu umat yang datang dari Bandung, dan berdoa untuk kesembuhan istrinya yang terbaring di rumah sakit, keesokan harinya istrinya sembuh; kemudian ada juga pengalaman iman dari beberapa pasangan suami-istri dikaruniai momongan setelah berdoa di taman doa ini dan banyak lagi kesaksikan iman umat lainnya. 

Saya ini terdaftar sebagai warga paroki Bunda Maria, cuma baru kemarin saya datang ke taman doa ini. Saya tidak lupa menyempat diri berdoa dan mengabadikan beberapa gambar untuk bahan catatan saya ini. Harapan saya, catatan saya ini bisa dibaca pengunjung rumah online saya ini, dan untuk umat seiman bisa tahu dan bila sedang transit di Kota Cirebon bisa mampir ke taman doa ini.  Paroki Bunda Maria Cirebon ini beralamat di Jalan Dukuh Semar No. 34 Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Semoga catatan ini bisa bermanfaat, catatan tentang taman doa ini bisa ditemui jika mencari di Google, saya harap catatan ini bisa jadi referensi juga di mesin pencari yang ingin mengetahui informasi taman doa yang ada di wilayah Kota Cirebon. Syukur Kepada Allah. Amin.

Posting Komentar

0 Komentar