Transformers: Earth War

Sepertinya beberapa waktu ini saya sedang keranjingan game baru, sebelumnya Pokemon Go jadi game favorit yang terinstal di smartphone kesayangan. Kini Transformers: Earth War jadi anggota baru games favorit saya kedua.

Transformers: Earth War merupakan salah satu game strategi, mirip seperti game COC yang sebelumnya lebih dulu terkenal. Game ini menceritakan tentang peperangan antara robot-robot penghuni planet cybertron. Bagi penggemar skuel transformers baik kartun dan film hollywoodnya pasti akan senang dengan game ini.

Saya sendiri menemukan game ini dari iseng berselancar di play store, tiba-tiba saya menemukan game berjudul Transformers: Earth War. Karena berhubung game ini ada embel-embel “ transformers” langsung saya instal saja. Setelah saya instal dan coba memainkan, sepertinya saya menikmatinya, level by level  saya lewati, sampai hari ini ketika saya menulis postingan ini, baru capai level 19, dengan HQ level 7, personel outobot yang sudah ter-unlock ada 13 (dua outobot kembar). Lebih jelasnya bisa dilihat di capture account TEW (transformers eart war).
Sumber: screenshoot TEW @cocoper6

Sumber: screenshoot TEW @cocoper6
Game ini sebenarnya diluncurkan di awal tahun 2016 di beberapa negara oleh Backlip Studio dan dikembangkan oleh Space Ape Games. Konsep game ini sendiri adalah animasi 3D bertema strategi. Game ini termasuk mobile games, yang dirilis di play store dan IOS.

Awal memulai game ini cukup mudah, setelah kita instal, kita kemudian diajak memilih aliansi (kelompok). Ya kita tahu kan, dikisah transformer baik kartun maupun filmnya menceritakan pertikaian antara dua kelompok, yang jahat dan yang baik. Kelompok mewakili kejahatan adalah decepticons dan yang mewakili kebaikan adalah outobots. Di account game @cocoper6 ini saya memilih outobots. Setelah itu mulailah kita membangun tim outobot kita, bangun HQ (headquarter) dan portal space bridge. Kemudian untuk melindungi bangunan penting itu kita juga harus membangun benteng, canon, turret, mortar tank, serta mesin pencari sumber daya. Sumber daya yang dicari di game ini adalah alloy dan tentunya kubus energon berwarna biru. Seperti game strategi lainnya, untuk menciptakan kelompok yang kuat, kita harus mengumpulkan sumber daya dan membangun keperluan penjagaan markas. Karena di game ini ada kemungkinan markas kita diserang kelompok gamers lain. Game ini adalah game online, yang memungkinkan kita bermain bersama gamers lain yang ada di tempat lain (bahkan gamers dari seluruh dunia).
Sumber: screenshoot TEW @cocoper6
Karena di game ini kita bisa berinteraksi dengan gamers lain, disediakan fitur chat di sisi kiri tampilan game ini. Fitur chat ini hanya menyediakan chat grup all aliansi outobot, dan chat grup untuk aliansi kelompok kita sendiri. Oh ya, saya  lupa, jadi setelah kita bangun membangun, kita disarankan untuk bergabung ke dalam sebuah aliansi atau kita membuat aliansi baru. Dalam satu aliansi terdiri 40 anggota/ user. Dari aliansi kita itu, kita bisa mengikuti “event war” atau ada misi yang harus kita selesaikan.

Oh iya, ada lagi yang terlupa, misi dari game ini saya juga kurang begitu paham apa, tetapi yang pasti adalah mengumpulkan kemenangan. Sebuah kemenangan atas invasi ke markas musuh (decepticons) adalah penting di game ini, serta mencapai level yang tertinggi. Ada pula jalan cerita yang harus kita ikuti, dan tiap jalan cerita yang kita ikuti akan diganjar sumber daya yang kita butuhkan, kemudian tambahan personel outobot baru, atau sumber daya (crystal, atau fitur perlindungan diri atau fitur-fitur upgrade lain yang tentunya sangat dibutuhkan untuk menbangun tim yang kuat). Kemudian ada fitur ranking juga yang dhitung berdasarkan berapa kemenangan yang telah didapatkan.

Tapi dari hasil searching di google, ada gamers yang telah mencapai level 42 atau 47 saya lupa, dan di dalamnya kata si gamers itu semua bangunan, HQ sudah capai level maksimal. Hmm, sepertinya capaian itu ingin saya capai juga.

Hal menarik lagi dari game ini adalah strategi kita bangun markas, agar mampu bertahan dari serangan lawan, bagaimana caranya itulah strategi yang harus dipikirkan dengan memanfaatkan bangunan yang tersedia di setiap level dan meningkatkan level bangunan tersebut. Terutama adalah melindungi HQ agar tidak dihancurkan lawan.

Kesulitan yang saya temui di game ini adalah mengumpulkan sumber daya, karena untuk menaikan level perlu itu semua. Dan untuk mengumpulkan sumber daya yang ada kita perlu waktu. Apabila level masih rendah, kemampuan bangunan pencipta sumber daya (kilang) alloy dan energon hanya mampu memproduksi sedikit. Sedangkan kita butuh sumber daya yang tidak sedikit untuk upgrade bangunan bahkan upgrade outobot yang jadi tim kita. Kemudian untuk menginvasi lawan pun kualitas outobot harus baik, dan semuanya butuh sumber daya. Sebenarnya ada jalan pintas, ada beberapa bundle sumber daya yang dijual oleh pengembang game ini, tetapi harganya buat saya gamers kacangan relatif mahal, jadi mau tidak mau berusaha dengan cara sendiri. Ya inilah yang jadi kesenangan tersendiri, main game strategi. Kemudian kita menyerang markas lawan pun kita tidak bisa asal serang, kita harus amati kemampuan kita dan lawan, apakah realistis jika menyerang. Kemudian, ketika menyerang kita harus memperhatikan bangunan-bangunan yang membahayakan tim outobot kita seperti canon, turet, mortar tank bahkan robot penjaga markas.

Tetapi secara umum game ini menyenangkan dan saya layak memasukan game ini sebagai game favorit. cpr

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Sampai saat ini level yang saya mainkan baru sampai level 35, tapi belum punya combiner bot, jadi ya masih mengumpulkan medal saja sejauh ini. Koleksi bot juga belum punya bot rear, masih bot standar, serta XP bot nya juga masih kecil, belum ada yang sampai 500. Kemudian ship nya baru bisa angkut 7 bot. Untuk HQ baru sampai level 11+. Bisa dibilang sih tertinggal dengan gamer lain, ya maklum main buat isi waktu saja sih.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6