Cirebon Waterland: Ade Irma Suryani

Kota Cirebon merupakan salah satu kota di pesisir Jawa Barat yang minim sekali tempat rekreasi keluarga yang bermutu. Memang, kota yang luasnya tidak begitu besar ini lebih banyak diisi komplek perniagaan, dibuktikan dengan banyaknya lokasi pergudangan, ruko usaha dan beberapa unit pusat perbelanjaan skala kecil hingga besar seperti mall.

Saya lahir dan besar di kota ini, dan memang sedari dulu sangat minim sekali lokasi OW rekreasi keluarga. Yang saya ingat adalah OW Taman Ade Irma Suryani, yang lokasinya dekat Pelabuhan Kota Cirebon. Tamen Ade Irma Suryani sendiri sudah resmi berhenti beroperasi, hingga kini pengelolaannya berganti, dan sekaligus berganti nama menjadi Cirebon Waterland. OW CW ini mulai beroperasi 1 Juli 2015, ditandai dengan soft opening yang dibuka dan diresmikan oleh Walikota Cirebon Pak Aziz ditemani perwakilan manajemen Lishan Group dan tamu undangan lain Sultan Sepuh Arief Natadiningrat dan tamu undangan lain.

Taman Ade Irma Suryani dirombak total menjadi Cirebon Waterlannd: Ade Irma Suryani. Perubahan besar-besaran dilakukan merubah taman kebanggaan masyarakat Kota Cirebon di masanya. Kini di kawasan eks Taman Ade Irma Suryani berganti menjadi tempat wisata air, sea view cottage dan sea wiew resto.

Saya sendiri baru di akhir 2016 coba datang mengunjungi OW ini. Karena kebetulan mengisi waktu liburan Natal 2016.
View dari halaman parkir, sebelum masuk gate yang pertama
Cirebon Waterland ini dibuka dengan konsep waterboom, wisata air. Wajar, konsep waterboom ini sedang marak di beberapa tempat, dan mampu menarik pengunjung setiap saat, terutama ketika akhir pekan atau ketika libur panjang. Cirebon Waterland sendiri menawarkan beberapa fasilitas antara lain water adventure, sea view cottage dan sea view resto.

Water adventure di Cirebon Waterland menawarkan kolam renang olimpic diperuntukan untuk pengunjung dewasa, dengan kedalaman kolam ± 1,5 meter, dan dibuat merata di semua bagian kolam. Kemudian ada kolam bebek diperuntukan untuk anak-anak,  kemudian ada kolam arus yang lokasinya mengelilingi area kolam bermain, ada pula prosotan anak dan kolam untuk ember tumpah, ada pula kolam untuk prosotan yang jadi ciri khas waterboom.
Loket pertama, bayar tiket masuk Rp 30.000,00 per orang, #pukulrata
Pengalaman Masuk Cirebon Waterland
Lokasi Cirebon Waterland ini cukup mudah diakses, lokasinya relatif strategis. Bagi pengunjung luar kota dijamin tidak sulit menemukan lokasi OW CW. Karena berada di jalan lingkar Cirebon, pas dekat dengan Pelabuhan Kota Cirebon. Lahan parkirnya juga relatif luas, jadi untuk pengunjung dengan mobil pribadi dijamin tidak sulit parkir, tetapi tidak tahu juga saat high trafiic sih. Soalnya waktu saya ke sana, ya parkirannya masih layak lah.

Masuk pertama, gerbang pertama kita akan bertemu dengan gardu parkir, yang dijaga petugas parkir, di sana kita dimintai karcis parkir sebesar Rp 8.000,00. Setelah masuk lokasi  parkir, gerbang selanjutnya adalah gerbang untuk tiket masuk, di sana tersedia beberapa loket tiket. Di sini kita harus bayar tiket per orang Rp 30.000,00. Tiket masuk ini adalah hanya untuk masuk ke area waterland, belum ke area permainan airnya lho. Untuk masuk ke area permainan airnya, kita harus membayar karcis lagi sebesar Rp 35.000,00. Ini tarif weekend lho. Sewa loker kita dharuskan merogoh kocek Rp 20.000,00, (+deposit Rp 20.000,00). Sewa ban single Rp 20.000,00 dan sewa ban double Rp 40.000,00.
Loket kedua, untuk bayar masuk wahana air, Rp 35.000,00
Menurut saya, area wahana air di Cirebon Waterland tidaklah luas, seperti wahana air di tempat lain, tapi masih standar untuk ukuran waterboom. Wahananya juga belum begitu lengkap, wajar karena masih baru. Di dalam lokasi wahana air, tersedia fasilitas pelengkap antara lain, penyewaan ban single dan double untuk kolam arus, sewa loker, kamar bilas.
View area main air, dilihat dari sisi kolam olimpic
Info yang saya peroleh, OW CW ini masih dalam tahap pengembangan, nampak sih dari vegetasi peneduh yang ditanam pun masih baru tumbuh, wahana permainan air belum banyak meski sudah relatif tersedia. Di area sea view cottage sendiri baru tersedia 17, dari rencana 40 sea view cottage. Untuk harga sewa sea view cottage sendiri rangenya dari Rp 1 juta – Rp 2,5juta.

Kolam airnya relatif besar dan segar, ya agak panas, karena pohon peneduh yang ditanam di sekitar wahana masih kecil, belum ada yang rimbun, jadi cenderung panas terik ketika siang bolong. Perlu pakai sunblock sebelum bermain, kalau tidak mau kulitnya belang. Ini perlu karena Cirebon kalau siang, panasnya ampun-ampun deh. Tapi untungnya terbayar segarnya air. Secara umum, pengalaman pertama berkesan bermain air di sini.
Persiapkanlah action cam dan sunblock, sponsor by Purebaby Sunblock
Rekomendasi ke sini buat yang mau berlibur, ya soalnya baru ini OW yang lagi hits di Kota Cirebon, kalau bosen main di mall, mainlah di sini. Semoga pemerintah kota dan pengembang swasta lainnya ada yang punya ide kreatif lain untuk buka OW lain yang mencirikan Kota Cirebon sebagai kota pesisir.

Sekian dulu ah, posting saya tentang pengalaman berkunjung ke OW Cirebon Waterland: Ade Irma Suryani. Cpr

Komentar