APP 2018 Keuskupan Bogor: Mengimplementasikan Kesetiakawanan Sosial Demi Menyelamatkan Air Sumber Kehidupan

Akhirnya setelah beberapa tahun saya melewatkan ibadat jalan salib setiap masa pra-paskah, akhirnya hari ini saya memecahkan telur kemalasan. Hari ini saya mengikuti ibadat di Gereja Katolik St. Paulus, Depok. Jadwal ibadat jalan salib masa pra-paskah 2018 adalah setiap Jumat pukul 19:00.

Pada masa puasa dan pantang tahun ini, saya kembali mencoba canangkan beberapa poin target dimulai sejak Rabu Abu beberapa hari yang lalu.

Terakhir saya ikut jalan salib mungkin saat saya masih mahasiswa dulu, dulu saya masih sempat meluangkan waktu untuk mengikuti jalan salib, tapi sejak saat itu tidak pernah lagi ikut ibadat jalan salib, apalagi saat masa pra-paskah. #terlalumemang


Tema APP di Keuskupan Bogor tahun 2018 ini adalah tentang bagaimana umat Katolik di wilayah Bogor ini berusaha untuk mengelola air dan bertindak untuk kelangsungan siklus air, mengingat betapa pentingnya air bagi kehidupan. Dewasa ini banyak masalah krisis air yang dihadapi di beberapa wilayah di Indonesia khususnya dan beberapa negara di dunia umumnya.

Umat Keuskupan Bogor diajak untuk bertindak lebih nyata menyikap masalah air ini dengan lebih baik. Tidak hanya dalam perkataan, namun dalam tindakan nyata. Gereja melihat air adalah bentuk rahmat Allah kepada manusia, sama seperti Allah yang telah mengutus Yesus ke dunia untuk menanggung kesalahan, padahal Dia tidak bersalah. Melalui Kisah Sengsara Yesus, kita diajak merefleksikan ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jalan salib pertama dimasa pra-paskah 2018 ini dalam setiap perhentian, kita diajak untuk menyadari kesalahan kita pada kasih Allah melalui air, namun terkadang kita mengabaikannya dengan tidak menjaganya dengan baik. Melalui jalan salib ini pula kita diajak untuk bertindak nyata dalam kehidupan sehari-hari, berbuat lebih nyata menjaga dan melestarikan air demi kehidupan lebih baik sebelum krisis air menimpa kita pada akhirnya jika sekarang kita tidak berbuat apa-apa.

Jalan salib pertama dimasa pra-paskah 2018 ini kemudian dilanjutkan perayaan Ekaristi. Mudah-mudahan, tiap minggu saya bisa ikut ibadat jalan salib ini selama 40 hari (dikecualikan hari Minggu) masa puasa dan pantang. Tuhan memberkati. Amin.cpr

Posting Komentar

0 Komentar